Sistem Penunjukan Truk (TAS) diimplementasikan di terminal pelabuhan peti kemas untuk mencegah kemacetan dan memfasilitasi operasi logistik yang efisien. Namun, jadwal awal di TAS dapat terganggu karena perubahan waktu kedatangan truk. Studi ini memperkenalkan TAS fleksibel yang menggabungkan tiga komponen: (1) pohon keputusan (DT) untuk memprediksi waktu kedatangan truk, (2) fungsi penjadwalan ulang, dan (3) simulasi peristiwa diskrit. Eksperimen yang dilakukan di terminal pelabuhan Brasil menunjukkan bahwa DT mencapai akurasi 95,37%, menghasilkan peningkatan yang signifikan sebesar 90,4% pada truk.
Kecerdasan lokasi dalam bidang logistik adalah sebuah jenis intelijen bisnis itu berfokus pada lokasi fisik dan hubungan spasial objek dan peristiwa dalam rantai pasokan. Ini melibatkan penggunaan teknologi untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang di mana hal-hal adalah, bagaimana mereka bergerak, dan apa terjadi di sekitar mereka.